Janji-janji palsu cowok

Long weekend ? Wassap blog, akhir-akhir ini gue capek banget sama tugas dan ujian dari sekolah. Maklum aja baru bisa nulis sekarang, harusnya sih gue nulis tiap rabu. Sayangnya rabu kemarin gue ada kerja kelompok, dan maaf banget belum sempet nulis lagi. Ya I don't promise anything..

Awalnya agak males juga sih nulis, menguras tenaga otak dan pikiran. Tapi ternyata gue dapet hidayah, temen gue nanya kalau galau gue biasanya ngapain ? Ya gue jawab nulis, nulis bisa nenangin pikiran dan merubah kepribadian. Soalnya terkadang kita bisa menjelaskan apa yang kita maksud lebih jelas melalui tulisan. Kita bakalan tau karakter kita yang sesungguhnya.

Anyway semua pembaca blog gue rata-rata jomblo nih, pada kesindir mulu tiap gue sangkut pautin sama jomblo haha. Ada aja alasannya, entah mereka mau single lah, fokus karir, dan lain-lain. Intinya sih yang normal itu pacaran (suka terhadap lawan jenis). Yang nggak normal itu ya yang suka sesama jenis dan nggak mau pacaran sama lawan jenis.

Sekian pembukaan dari gue, selamat malam minggu dan happy reading everybody !

Salam hangat,
Fadhli A. Zaky
================================================================

Semua orang di dunia ini diberikan karunia Tuhan yang luar biasa, salah satunya adalah cinta. Cinta satu kata yang gampang diucapkan, tapi sulit dinyatakan. Cinta juga ngga bisa dilihat, tapi bisa dirasain. Nggak jauh beda emang sama kentut, cinta kalau udah diungkapin juga lega sama kayak habis kentut. Lega rasanya..

Ada suatu keistimewaan sendiri didalam cinta, yaitu mencintai dan dicintai. Cowok sih biasanya mencintai, dan mereka cukup "cinta" tanpa alasan apapun. Sedangkan cewek lebih memilih untuk "dicintai" karena mereka senang akan pujian dan kasih sayang. Semua orang juga butuh kasih sayang kok, mulai dari bayi - anak kecil - remaja - alay - dewasa - lansia mereka butuh kasih sayang.

Tetapi kadang mencintai seseorang bisa membuat kita melakukan hal yang tidak mungkin (melebih-lebihkan). Salah satunya adalah berjanji, definisi dari janji sih awalnya adalah "hutang yang belum dibayar untuk suatu hal". Sayangnya banyak janji-janji yang nggak di tepatin. Rata-rata sih yang banyak menjanjikan adalah cowok, cewek sih kayaknya jarang. 

Oleh karena itu berikut ini adalah janji-janji palsu cowok :

1. Aku janji nggak bakal ninggalin kamu..
Siapa sih yang belum pernah denger kata-kata ini dari cowoknya ? Kamu beruntung banget loh kalau cowokmu belum pernah bilang hal ini. Karena dia tulus mencintai kamu, bukan karena ada alasan yang bikin dia sayang sama kamu.

Suatu hari, Jamilah mengajak Bambang untuk piknik ke suatu taman. Taman ini indah banget, tempatnya jauh di atas langit, rumput-rumputnya halus (asli bukan rumput sintetis). Udaranya sejuk, tepat di bawah pohon mereka berbaring saling menatap wajah satu sama lain.

"Sayang, aku janji deh nggak bakalan ninggalin kamu" Bambang mencubit pipi Jamilah.
"Ih apasih haha kamu bisa aja deh" Hati Jamilah berbunga-bunga.
"Beneran deh, aku janji ._.v"
"Iya, aku pegang loh janjinya.."

Kemudian Bambang teringat, akan tamagochinya yang belum diberi makan. Ia bergegas kemas-kemas dan pergi meninggalkan Jamilah. 


Wajah Jamilah langsung murung, baru saja beberapa detik Bambang berjanji namun ia telah mengingkarinya. Sampai ia berjanji "Kalau ada cowok yang berhenti main game (pause) untuk nyempetin ngangkat teleponku atau balas pesan singkatku, aku janji bakalan nikahin dia.."

2. Aku bakalan bawa kamu ke Paris sayang..
Paris, the best place for honeymoon.. siapa sih yang nggak kepengen pergi kesana. Semua kaum hawa menginginkan untuk pergi kesana, meskipun mereka belum tahu Paris yang sesungguhnya. Di mata semua orang, Paris adalah tempat yang indah. Tempat yang nyaman untuk bercinta dan memadu kasih.

Toyib yang selama ini duduk di sekolah penerbangan akhirnya lulus. Ia telah berjanji kepada Jamilah, "Kalau aku udah jadi pilot nanti, aku bakalan ngajak kamu ke Paris sayang".  Ucap Toyib dengan syahdu.

Jamilah tersenyum, ia menitikkan air mata bahagia karena Toyib kini sudah mempunyai pekerjaan sebagai pilot. Beberapa tahun kemudian mereka menikah, Jamilah tahu akan resiko menjadi seorang istri pilot. Namun ia yakin dan percaya, bahwa suaminya adalah yang terbaik. Toyib pun menjalankan tugasnya menjadi pilot internasional.

Sementara Jamilah tetap setia menunggu suaminya di rumah. Sampai ia hamil pun, dan melahirkan Toyib belum juga kembali dari tugasnya. Tujuh kali puasa, dan tujuh kali lebaran ia lewatkan tanpa kehadiran Toyib. Entah kemana pergi suaminya itu, yang tak kunjung kembali dari tugasnya. Jamilah teringat akan janji suaminya yang akan mengajaknya ke Paris nanti. Namun apalah daya, Jamilah hanya bisa meratapi nasibnya. 

Uang untuk belanja pun tak kunjung diterimanya, karena hidupnya yang semakin sulit Jamilah menciptakan sebuah lagu :

Bang toyib, bang toyib.. 
Kenapa nggak pulang, pulang..
Anakmu, anakmu.. 
Panggil-panggil namamu.

Tujuh kali puasa, tujuh kali lebaran..
Abang nggak pulang-pulang,
Uang belanja tak kunjung datang.

Lagu yang diciptakannya pun di lirik oleh produser musik terkenal, kini Jamilah hidup dari uang hasil lagu ciptaanya sendiri. Walaupun patah hati ditinggal bang Toyib, ia tetap bersyukur karena masih bisa hidup berkecukupan.

3. Aku nggak bakalan ngulangin itu lagi..
Semua orang di dunia ini pasti pernah berbuat kesalahan, baik yang sengaja dan tidak disengaja. Namun kita juga tahu, bahwa semua orang berhak mendapatkan kesempatan keduanya. Siapa pun itu, mereka berhak mendapatkan kesempatan keduanya tanpa kecuali.

Bambang lahir dengan kondisi fisik yang keren, badan yang kekar hasil angkat-angkat timba air dan peti kemas.
Kini Bambang menjalin hubungan mesra dengan Jamilah, tak ada yang dapat menggantikan Jamilah di mata Bambang. Karena Bambang tahu, bahwa jalan cerita yang gue tulis itu pasti bagus. Jadi dia setuju gue jodohin sama Jamilah. Maaf ini mah akal-akalan gue aja.

Bambang yang perlahan bosan menjalin hubungannya, terkadang mengirimkan pesan singkat kepada teman-teman SMA-nya dulu. Tanpa disadari, ada orang ketiga dalam hubungan mereka berdua. Jamilah curiga dengan sikap Bambang akhir-akhir ini, setiap mereka berdua kencan Bambang selalu melihat dan menaruh tangannya dibawah. Jamilah menyangka bahwa Bambang bermain titit, namun kenyataanya Bambang sedang asik ber-sms ria dengan teman lamanya.

Berulang kali Jamilah meminjam ponselnya, namun Bambang tidak mengizinkannya. Ia beralasan bahwa ponselnya low bat. Tapi kebenaran selalu menang walaupun membutuhkan waktu yang lama.

Suatu hari ketika Bambang pergi ke toilet, ia lupa dan meninggalkan ponselnya di meja. Hal ini adalah peluang emas bagi Jamilah. Tapi ia kecewa, ditemukannya pesan singkat dengan aksen "Sayang" dan titik dua bintang. Dan parahnya lagi, pesan singkat ini dikirimkan kepada Joko, Supri, dan Acho. Ia berpikiran bahwa Bambang telah salah jalan, ditanyakanlah hal tersebut padanya.

Bambang menjawab dengan jujur, bahwa ia memang bosan dengan Jamilah. Dan sering mengirimkan pesan singkat dengan teman lamanya, karena takut ketahuan ia mengganti nama temannya menjadi nama cowok. Bambang meminta maaf dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi. Jamilah pun menyadari dan memaklumi hal tersebut, ia sadar bahwa dirinya membosankan. Ia juga berjanji akan berubah.

Seminggu kemudian Jamilah belum juga berubah, dipergokinya Bambang dan Ningsih yang berduaan menonton midnight. Hatinya panas, namun ia sadar ini juga kesalahannya karena ia belum juga mengubah sifatnya. Akhirnya mereka berdua putus baik-baik sejak saat itu. 

4. Aku cinta kamu sampai mati..
Semua orang pasti udah pernah denger kalimat ini, entah dari lagu ataupun dari mulut kekasihnya. Tapi kenyataanya apakah ada orang yang berjanji seperti ini dan menepatinya ? Jarang banget, sekalipun dia pengemis cinta.

Frustasi ditinggal Toyib, Jamilah menikah dengan Bambang. Suatu hari mereka sedang asyik santai di ruang tamu, ditemani dengan martabak keju susu dan teh tarik (makanan kesukaan mereka sejak pacaran). Tak luput dari acara kesukaan mereka yaitu on de sewot, pada malam itu membahas tentang hal-hal gila yang dilakukan karena cinta.

On de sewot menceritakan bahwa konon pada dahulu kala, ada seorang putri yang tinggal di istana. Ia sangat kesepian, lalu meninggalkan istananya. Bertemulah sang putri dengan seorang Pangeran berkuda. Pangeran ini amat gagah berani, hingga sang putri terkesima. 

Mereka berdua pun saling memadu kasih, pangeran berjanji akan menikahi sang putri dalam waktu dekat. Namun takdir Tuhan berbeda, sang putri terkena penyakit Kanker otak yang terus menerus menyiksanya. Hingga perlahan dan perlahan ia lupa akan semua hal, namun ia masih mengingat pangeran. Ia sangat mencintainya, hingga saat hari pernikahannya tiba ia menghembuskan nafas terakhirnya.

Pangeran menangis sekencang-kencangnya, ia tak rela jika sang putri pergi secepat itu. Dengan jasad putri yang terbaring lemah dan pucat, ia melangsungkan acara ijab kabul. Ia menikahi sang putri meskipun ia telah pergi. Dan akhirnya sang putri pun dikubur di halaman rumahnya, pangeran selalu membawakan mawar segar setiap paginya demi menghormati sang putri.

Jamilah menitikkan air mata terharu, ia memeluk Bambang sekencang-kencangnya. Lalu Bambang berkata "Sayang, aku cinta kamu sampai mati" Ucap Bambang dengan menatap mata Jamilah. Mereka berdua pun berpelukkan.

Akhirnya, karena Jamilah terlalu sering bekerja keras ia terkena serangan jantung dan meninggal. Bambang amat berduka sejak kejadian itu, ia galau berkepanjangan. 

Tak lama kemudian, ia bertemu dengan Ningsih. Ningsih yang mampu menenangkan hatinya, membuatnya tergila-gila. Mereka berdua pun menikah, sekan-akan Bambang melupakan janjinnya kepada Jamilah. Jamilah amat kecewa, ia menghantui hari-hari Bambang dan Ningsih. Ia selalu muncul di jok belakang mobil Bambang. 

Saat itu Bambang harus mengantar Ningsih yang ingin melahirkan di larut malam, pukul 2 pagi. Mobil melaju dengan amat kencang, Bambang yang mengantuk kemudian melihat ke arah spion belakang. Terlihatlah Jamilah yang menampakkan dirinya, seolah-olah tak mampu menahan amarahnya terhadap Bambang. Wajahnya pucat pasi, tangannya sulit digerakkan, sementara sebuah truk dari arah berlawanan menghantam mobil Bambang. Suara rem berdecit, klakson berbunyi panjang "diiiinnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn" Bambang tertunduk di atas stir mobil dan tewas dengan kondisi mengenaskan, begitu juga dengan Ningsih.

Kini Jamilah puas, telah membalaskan dendamnya namun ia merasa bersalah. Atas ganti ruginya, dibuatkan lah Ningsih sebuah film yang berjudul "Beranak dalam Kubur". -TAMAT-

***

Dari banyak janji-janji di atas, kamu pasti pernah kan dijanjiin yang kayak gitu ? Ya meskipun endingnya nggak senista kisah-kisah yang gue buat sih hehehe.

Intinya, buat cowok nih dengerin yah baik-baik. Cewek itu suka cowok yang bertindak, bukan yang mengumbar janji. Jangan suka janji-janji kalau nggak yakin bisa kamu tepatin. Karena kamu akan dapet label "Sang Pembohong" sekalinya kalian dapet label, bakalan susah untuk ngapusnya. 

Dan jadi cowok yang apa adanya itu lebih baik, nggak usah sok-sok romantis. Toh cewek suka cowok yang bisa bikin di nyaman, bahagia, ketawa, bukan yang seneng ketika denger janji kalian dan sedih ketika nggak ditepatin.

Gue sendiri juga mangkel, dulu pas kecil orang tua gue suka janji buat negebeliin ini itu. Tapi kenyataannya nggak, gue sih sadar mereka paling sibuk atau lupa, dan kadang juga nggak punya banyak uang untuk ngebeliin semua itu. Sejak saat itu gue bilang kalau nggak bisa ditepatin ya jangan janji-janji (tentunya ngomong baik-baik). Sampai saat ini gue jadi orang apa adanya aja, absolutely gue juga pernah janjiin seseorang loh pakai janji-janji di atas.

Gue minta maaf karena nggak bisa nepatin janji itu, gue tau nggak sanggup nepatinnya. Dulu gue sombong udah bisa janji-janji kayak gitu. Jujur gue sebagai cowok aja mangkel kalau ada janji yang nggak ditepatin, apalagi cewek kan ? Dan sejak gue lihat karakter Jason Statham, gue dapet kata-kata ini deh "Don't make a promise that you can't work it out" Dan itu jadi rules nomor satu di hidup gue sekarang.

Jadi masih mau dijanjiin atau bikin janji-janji palsu ? Yah ke laut aja kali haha. Selamat malam minggu buat yang ngerayain ya ! Inget jangan sia-siaiin pacar kalian..