JOMBLO NGGAK HARUS SEDIH


Setiap hari gue dengerin curhatannya Tedjo. Semenjak dia putus sama Sufatmi, hidupnya jadi berantakan. Dia udah nggak makan selama dua hari dengan alasan nggak ada yang ngucapin selamat makan.

Setiap detiknya dia cuma ngeliatin ponselnya, berharap ada sms yang masuk. Meskipun itu operator dia tetap membalasnya. Katanya hidupnya sepi, dan pengen mati aja. Tapi dia takut ketinggian, dia juga nggak suka baygon, semalem dia gagal bunuh diri di rel kereta api. Iya relnya udah nggak dipakai beroperasi, jadi nggak ada kereta yang lewat.

Sebenernya bukan salah Sufatmi yang mutusin Tedjo karena ingin fokus SBMPTN. Tapi salahnya Tedjo yang tak mau mencari pengganti Sufatmi. Kalau semua yang ada di dunia ini sementara, bukankah salah jika kita takut kehilangan ?

Tedjo berharap dia bisa balikan, karena hanya Sufatmi yang bisa membuatnya merasa nyaman. Tedjo juga sering cerita ke gue kalau kenangan-kenangannya romantis.

Dia dan Sufatmi dulu pernah dadah-dadah sama orang yang antri di palang pintu kereta api, sedangkan mereka ada di dalam kereta. 

Dia juga pernah nonton konser hujan-hujannan sama Sufatmi. Sayangnya kepalanya nggak ditutupin pakai jaket. Tapi Tedjo menyewa ojek payung. Sehingga mereka satu payung berdua. Tedjo sama si tukang ojek payung, dan Sufatmi juga mesra sama si tukang ojek payung. Tapi Tedjo bilang itu romantis.

Sebenernya gue malu punya temen kayak Tedjo. Dia pengen gue masukkin karung aja, terus gue ekspor ke Vietnam. Gue capek dengerin curhat-curhatnya karena cuma dia Jomblo yang paling ngenes.

Setiap malam minggu dia gelisah, saking gelisahnya dia sampai harus nonton sendirian, naik bianglala sendirian, dan makan paket hemat berdua. Itu juga makannya sama mbak pelayannya karena kasian.

Oleh karena itu, gue mau Tedjo jadi jomblo yang bahagia. Gue berharap Tedjo bisa baca tulisan gue ini. Berikut ini adalah TIPS JOMBLO BIAR BAHAGIA :

1. DEKATKAN DIRI KEPADA TUHAN

Orang-orang selalu bilang kalau Tuhan itu selalu bersama kita dan itu MUTLAK salah. Sebenarnya kamu yang harus mendekatkan diri kepada Tuhan.

Kamu selalu bilang hidup nggak adil, bukan alasan untuk bunuh diri dan nggak semangat hidup. Itu karena kamu nggak mau mencari siapa Tuhanmu dan mendekatkan diri Kepada-Nya.

Coba syukuri semua nikmat yang kamu dapet. Kita nggak akan pernah kekurangan selama masih bisa bersyukur. Banyak sekali nikmat yang diberikan oleh Tuhan dalam satu hari.

Misalnya : Hikmah jadi Jomblo
- Nggak ada yang sms 'have fun ya :) ' saat kita main PES bareng temen atau futsal bareng
- Nggak ada yang ngelarang buat pergi sama temen cewek/cowok lain
- Nggak ada yang minta di sms.in dan minta diajak keluar malem mingguan
- Dompet tebel, akhirnya tabungan bisa beli benda yang diinginkan (hobi belanja)
- Bisa fokus belajar karena nggak ada lagi yang mengganggu
- Bisa nulis novel, karena bebas nulis tanpa ada yang marah
- Bensin irit karena nggak ada yang minta dianter jemput
- Hati sehat, karena nggak ada yang bikin galau dan cemburu
- Bebas foto-foto di Instagram karena nggak ada yang ngelarang
- dll.

Untuk kamu yang beragama Islam, sering-seringlah berdzikir karena dizikir adalah penenang hati. Seberat-beratnya ujianmu, Tuhan tidak akan memberikan cobaan yang lebih dari kemampuanmu.



Bersyukurlah, karena diluar sana masih banyak orang yang sakit. Hatinya. Demi memperjuangkan orang yang di matanya benar, padahal itu belum tentu benar di mata Tuhan.

Ketika tak ada lagi bahu untukmu bersandar. Ingatlah ! Masih ada lantai untuk bersujud.

2. KEMBANGKAN HOBIMU

Kenapa rata-rata Jomblo banyak yang sedih ? Karena aktivitas mereka dulu bersifat monoton seperti cenderung sms-an sama pacar dan tidak melakukan kegiatan lain yang asik. Sedangkan murid-murid sekolah Korea Selatan lagi sibuk merakit nuklir.

Itu adalah kesalahan kita dulu waktu pacaran, coba sejak dulu udah punya hobi. Pasti semuanya nggak berakhir seperti ini. Tapi tenang, semua tak berakhir disini.


Semua orang punya hobi, tanpa kecuali. Hobi membuat hidup yang tadinya hitam putih menjadi merah, kuning, hijau, dan biru. Tanpa hobi seseorang akan mati karena mustahil seseorang nggak punya kegiatan yang paling disukainya.

Bagaimana cara mengembangkan hobi ?

Mulai aja dulu dari langkah sederhana, yaitu mencintai. Lakukan kegiatan yang paling kamu suka. Misalnya : Travelling. Dengan travelling kamu bisa mengenal alam lebih dekat, mengetahui adat dan budaya setempat, dan menjadi traveller sejati seperti Jebraw Jalan-jalan Men !

Selain travelling masih banyak hobi menarik yang lainnya. Contohnya mas Arief Muhammad dan Alit Susanto punya hobi koleksi mainan, Kevin Anggara punya hobi menulis, Raditya Dika punya hobi menulis script film sampai akhirnya dia punya serial komedi sendiri di Kompas TV. Sedangkan temen gue Ahmad Firdaus hobi bikin give away. Gue sering nyumpahin dia supaya blognya maju dan orangnya sukses.

Ada lagi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo yang hobi sepak bolanya menjadikan mereka pemain terhebat di dunia saat ini. Joe Taslim, berkat hobinya dia bisa main di film Fast Furious 6 bersama Alm. Paul Walker. 

Top Ittipat, seorang milyuner muda yang sukses berawal dari bisnis. Awalnya dia hobi main game online, dari game online itu dia bisa beli mobil sendiri. Lalu memulai bisnis kacang, bahkan meninggalkan pacarnya hanya untuk menekuni hobi bisnisnya. Dia nggak kuliah, cuma modal perekam suara untuk mendengarkan dosennya, didukung dengan observasi lapangan. Akhirnya Top Ittipat sekarang sukses dengan bisnis rumput lautnya yang sering disebut Tao Kae Noi (Pengusaha Muda). Berkat bisnisnya ini dia bisa membayar utang ayahnya yang milyaran rupiah.

Untuk yang mau filmnya judulnya "Top Secret Billionare".

Gue rasa kalian semua punya hobi, paling sederhana mendengarkan musik lah. Kenapa nggak mulai belajar alat musik ? Kembangkan ! Selama kalian masih jomblo, jangan sia-siakan waktu dengan kegiatan yang kurang bermanfaat.

Dengan hobi, kamu bisa melupakan pacaran sejenak. Hobi adalah cara kamu menyibukkan diri supaya nggak kepikiran mantan.

3.  YOU'LL NEVER WALK ALONE

Ingat, sebagai Jomblo bukan berarti kamu nggak punya siapapun untuk berbagi kan ? Kamu masih punya keluarga dan sahabat-sahabatmu.

Kamu bisa dapet quality time bersama mereka. Kamu bisa minta masukkan, dan ikut kegiatan yang dilakukan mereka. Contoh :

Apakah kamu pernah mijitin Ibumu sendiri ?

Pasti nggak pernah kan ? Karena keasikkan pacaran.

Apakah kamu pernah curhat dengan ayahmu ? Atau menanyakan kisah cintanya dulu ?

Boro-boro, mau nyapa aja malu.

Apakah kamu punya sahabat sekarang ?

Untungnya mereka masih ada, bahkan mereka akan memaafkan kesalahanmu. Buat kamu yang lebih mentingin pacar daripada temen. Inget, temen nggak akan pernah ada putusnya. Sekalinya putus itu juga gara-gara pacaran. Entah karena rebutan cowok/cewek.

Inget ! Mereka selalu ada untukmu. Bahkan mereka selalu memaafkan, sekalipun kamu lebih mementingkan pacarmu.

Jika Tuhan telah kau abaikan, orangtua dan sahabat juga. Lantas kemana kau akan kembali di saat Ia telah pergi karena ingkar janji ?


4. NIKMATIN HIDUP LO BRO !

You only live once men ! Masa lo harus terus-terusan ngenes karena status jomblo ? Jomblo itu nggak hina bro, yang hina itu mereka yang pacaran dan berbuat mesum di sembarang tempat.

Sadar dong kalau lo udah dewasa, hidup nggak selebar daun kelor. Mereka yang pacaran juga belum tentu bahagia. Ada aja masalahnya, entah salah paham, cemburu, atau selingkuh. Jadi buat apa lo sedih ? Buang-buang waktu kan. Iri, dengki itu nggak baik men.

Sekarang semua ada di tangan lo !

Lo mau nambah temen lewat hobi, aktif di jejaring sosial, banyak temen, punya masa depan cerah, ketemu pasangan hidup lo atau lo cuma mau meratapi nasib sebagai jomblo ?

Gue mau lo semua menghargai hidup ini. Semua orang derajatnya sama bro, nggak ada yang sempurna. Pasangan itu hanya pelengkap hidup dan suatu saat pasti lo dapet yang lebih baik dari sekarang.

Sekarang lo perbaikin kepribadian lo sendiri aja dulu. Setelah lo sukses, pasti mereka datang dengan sendirinya. Pinter-pinter aja menghargai diri lo sendiri. Ibaratnya es teh manis, es teh manis kalau di warung cuma Rp. 2000 sedangkan di Bandara bisa Rp. 5000 - 15.000 men.

Maaf kalau kata-kata gue kasar. Gue cuma mau ngasih semangat ke kalian. Kalian yang selama ini direndahkan oleh orang lain. Kalian yang selama ini diremehkan. Gue mau hidup lo lebih hidup lagi, lo bukan pecundang men !

..Aduh men.. gue belom bisa move on...

Gue bilangin nih ya.. Itu semua ada di tangan lo. Lo mau gue kasih jawaban atau waktu yang akan menjawabnya ? Mending lo move on men. Dia juga belum tentu yang terbaik buat lo. Sadar kalau dia itu sama, sama-sama makan nasi. Secantik-cantiknya/Seganteng-gantengnya dia, kalau dia lagi (maaf) pup juga pasti jelek men. Jadi buat apa buang-buang waktu untuk nyiksa diri sendiri ?


***


Kesimpulan :

Belum pernah ada Jomblo yang mutlak bahagia, meskipun mereka adalah seorang Pragmatis. Sesuai dengan teori Aristoteles  yang mengatakan bahwa manusia adalah zoon politicon. Semua orang butuh orang lain untuk berbagi dan  menyemangati hidupnya. Tak ada manusia yang bisa hidup sendiri/tanpa bantuan orang lain.

Jomblo memang mandiri, tapi mandiri secukupnya aja. Kamu tak akan bisa mencium keningmu sendiri, dan memeluk diri sendiri ketika kedinginan.

Jomblo juga bukan berarti kamu menutup diri dari orang lain. Tapi kamu harus bisa berubah menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya. Jangan sampai kamu punya segalanya, tapi tak punya seorang pun untuk berbagi.

Bahagia bukan milik kita selamanya. Bahagia adalah milik orang-orang yang mau membasuh dirinya dengan canda tawa dari duka dan luka.

Apapun yang kamu lakukan sekarang, siapapun kamu, mulai sekarang hargailah dirimu. Buatlah dirimu berharga di mata orang lain. Karena manusia adalah sebaik-baiknya ciptaan Tuhan.

Langit sore menggertakku,
menanyakan apa gerangan dari tetes air mata
Yang menetes,
membasahi pipi

Mungkin aku terlalu takut,
berjalan sendiri dalam kehidupan ini
Yang penat,
penuh luka dan putus asa

Dia mungkin telah pergi,
mengingkari janji
Hahaha...
Aku sudah mengetahuinya.

Aku tidak menyesal,
telah menemuinya
Tidak ada yang sia-sia
Karena Allah yang mempertemukan

Aku masih ingat kala itu
Ia berbisik pelan
Ketika tak ada lagi, bahu untuk bersandar
Ingatlah, masih ada sajadah untuk bersujud

Karena ia adalah pencipta hal,
yang kau sebut cinta
Yang membuatmu,
menjadi sebaik-baiknya manusia.


 - @fadhlizaky

 Seseorang yang tak tahu apa-apa tentang pria, cinta, dan wanita.
 Yang dia tahu hanyalah, cinta..
 akan melembutkan hati yang jahat.
dan membutakan seseorang,
Kala ia mencintai lebih dari mencintai Tuhannya sendiri.


ARTIKEL INI DIIKUTSERTAKAN #GIVEAWAYBLOGMAMAD
SEMUA TULISAN, PUISI, DAN ILUSTRASI ADALAH ORIGINAL 
ATAS MILIK FADHLI ZAKY. 


Buat kamu yang mau ikutan, silahkan klik banner di atas. Yuk temenin aku Lomba dan ambil hadiahnya dari Si Mamad !